Makalah Materi PAI"CInta,Akhlak dan Amal Sholeh"

Image
MAKALAH MATERI PAI “Cinta,Akhlak,dan Amal Sholeh” Dosen Pengampu : Misnan, M.Pd Disusun Oleh : v Mutiara Fadhilah Nasution Prodi        : Manajemen Pendidikan Islam ( MPI ) Semester : IV ( Empat ) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUMATERA (STAIS) MEDAN KATA PENGANTAR Alhamdulilllah,Saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya, makalah ini dapat Saya selesaikan. Shalawat dan salam kepada nabi Muhammad SAW, pembimbing umat menuju cahaya kebenaran illahi. Adapun pembuatan makalah ini dimaksudkan untuk diajukan sebagai syarat   dalam diskusi kelompok pada mata kuliah MATERI PAI tentang Cinta,Akhlak,dan Amal Sholeh. Mengingat isinya sangat penting seba gai bahan pembelajaran agar ter capainya tujuan dalam menghadapi dan memecahkan masalah,baik masalah individu ataupun masalah kelompok. Mudah-mudahan makalah ini besar   manfaatnya bagi para pembaca dan khususnya bagi penulis menjadi amal yang sholeh yang bisa menghantarkan kesu

MAKALAH BAHASA INDONESIA “Upaya Meningkatkan Minat Baca Di Era Globalisasi ”


MAKALAH BAHASA INDONESIA
“Upaya Meningkatkan Minat Baca
Di Era Globalisasi ”

Dosen Pengampu : Dra.Supriana, M.Pd

Disusun Oleh :
Mutiara Fadhilah Nasution

SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM SUMATERA
MEDAN
TAHUN 2017


Kata Pengantar

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah S.W.T, atas segala kemampuan rahmat dan hidayah-nya sehingga saya dapat menyelasaikan tugas Makalah yang berjudul“ Upaya Meningkatkan Minat Baca Di Era Globalisasi” pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, serta tak lupa sholawat dan salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad Swt atas petunjuk dan risalahNya, yang telah membawa zaman kegelapan ke zaman terang benderang, dan atas doa restu dan dorongan dari berbagai pihak-pihak yang telah membantu saya memberikan referensi dalam pembuatan makalah ini.
Saya dapat menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu saya sangat menghargai akan saran dan kritik untuk membangun makalah ini lebih baik lagi. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga melalui makalah ini dapat memberikan Saya berharap karya ilmiah ini dapat mendatangkan inspirasi bagi saya di masa yang akan datang dan juga memberi manfaat bagi pembaca agar lebih meningkatkan kesadaran untuk membaca.






Medan, 22 April 2017



Kelompok 2


DAFTAR ISI

Kata Pengantar.................................................................................................... i
Daftar Isi........................................................................................................ ii
Bab 1 Pendahuluan
1.1.Latar Belakang........................................................................................... 1
1.2.Rumusan Masalah...................................................................................... 1
1.3.Tujuan...................................................................................................... 1
Bab 2 Pembahasan
A. Penyebab Minat Membaca Rendah..................................................................... 2
B. Upaya Meningkatkan Minat Baca..................................................................... 3
C. Manfaat Meningkatkan Minat Baca............................................................... 5
Bab 3 Penutup
3.1.Kesimpulan............................................................................................... 6
3.2.Saran........................................................................................................ 6
Daftar Pustaka................................................................................................. 7



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan, walaupun terkadang informasi itu kita dapatkan secara tidak langsung.Banyak orang mengatakan bahwa buku merupakan jendela dunia. Mengapa demikian? Karena buku itu sendiri dapat membuka wawasan yang sangat luas. Tidak hanya informasi yang ada dalam negeri, melainkan informasi tentang dunia, bahkan alam semesta.Namun sangat disayangkan, pada zaman sekarang ini, jarang kita temukan pelajar yang gemar membaca. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk bermain game, pergi ke warnet (warung internet), atau sekedar jalan-jalan bersama teman keluar rumah. Tapi, masih ada juga sebagian dari mereka yang menanamkan sikap gemar membaca, salah satu contohnya membaca buku novel. Itu tak menjadi masalah. Selagi mereka masih dapat memanfaatkan waktu luang dengan mengisi hal-hal yang bermanfaat, seperti membaca atau belajar.
Namun pada kenyataannya, minat baca remaja sekarang ini sangatlah rendah. Padahal, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari membaca. Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca remaja. Salah satunya adalah karena semakin berkembangnya teknologi.Untuk itu, perlu dilakukan berbagai cara dalam menanggulangi masalah ini. Hal ini dapat dilakukan melalui lingkungan sekolah maupun oleh pelajar itu sendiri.
1.2 Perumusan Masalah
Apa saja faktor yang mempengaruhi menurunnya minat baca di kalangan pelajar?
Bagaimana cara meningkatkan minat baca di kalangan pelajar?
Apa manfaat meningkatkan minat baca di kalangan pelajar?
1.3 Tujuan Penelitian
Mendeskripsikan faktor penyebab menurunnya minat baca di kalangan pelajar.
Menjelaskan cara-cara meningkatkan minat baca di kalangan pelajar.
Menjelaskan manfaat yang dapat diperoleh dengan meningkatkan minat baca bagi pelajar


BAB II
PEMBAHASAN

A. Faktor yang Mempengaruhi Menurunnya Minat Baca
Secara umum, terdapat dua faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya minat baca siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa, seperti pembawaan, kebiasaan dan ekspresi diri. Sementara faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar diri siswa atau faktor lingkungan, baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Faktor eksternal ini mempengaruhi adanya motivasi, kemauan, dan kecenderungan untuk selalu membaca. Namun, selain dari faktor tersebut, masih ada faktor yang mempengaruhi menurunnya minat baca, yaitu :
Teknologi yang semakin canggih
Banyaknya media hiburan seperti TV, komputer, hand phone, VCD, tape recorder,dan lain–lain. Hal ini banyak menyita waktu dan orang lebih memilih menikmati hiburan dibandingkan dengan membaca buku .
Kurangnya kesadaran
Jika masing-masing individu menanamkan rasa kesadaran akan pentingnya membaca, tentu saja hobi membaca akan muncul dalam diri kita dan membaca akan menjadi kebutuhan bagi diri kita.
Kurangnya motivasi
Motivasi dari berbagai pihak amat dibutuhkan terutama dari dewan guru dan orang tua remaja.
Suasana perpustakaan yang kurang nyaman







B. Cara Meningkatkan Minat Baca
Penciptaan atmosfir kelas yang mendukung dengan menempel pajangan hasil karya siswa dengan rapi serta slogan-slogan ajakan agar siswa gemar membaca.
Penyediaan buku-buku bacaan yang memadai, baik dari segi kuantitas judul buku maupun kualitas buku di perpustakaan dan setiap ruang kelas.
Penciptaan antusiasme pada setiap individu siswa terhadap pentingnya membaca buku dan berbagai sumber ilmu lainnya.
Pemanfaatan kegiatan membaca sebagai alat untuk belajar seluruh bidang studi oleh masing-masing guru.
Rak buku yang dipajang rapi dan menarik untuk dieksplorasi isinya dengan ditampilkan laksana "gedung bioskop" atau "gedung teater"
Ada poster berisi cuplikan isi buku baru dan laku keras di masyarakat.
Tersedia tempat baca buku lesehan di sekolah, misalnya di depan-depan kelas.
Tersedia ruangan khusus dengan satu atau dua komputer yang berisi permainan seputar perbukuan, kepenulisan, dan penulis.
Memberikan pemahaman akan pentingnya membaca
Cara ini menekankan pada siswa bahwa membaca memiliki banyak manfaat. Karena dari membaca pengetahuan semakin luas dan akan banyak hal baru yang akan kita dapat.
Membuat suasana perpustakaan menjadi nyaman .
Suasana perpustakaan yang nyaman membuat para siswa betah untuk berlama-lama di perpustakaan dan hal ini akan mendorong siswa untuk berkunjung ke perpustakaan serta membaca buku–buku yang ada.
Ketersediaan buku-buku yang berkualitas di perpustakaan
Buku-buku yang berkualitas dan mudah di telaah akan mendorong para siswa untuk gemar membaca dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan.
Mengadakan dan mengikuti Organisasi/ komunitas yang bergerak di bidang membaca.
Membuat cafe baca agar suasana membaca tidak membosankan,tetapi tetap dilarang memegang Hp



Adapun peran atau upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa sebagai berikut :
1.Guru sebagai motivator yang selalu mendorong dan memotivasi anak untuk mewujudkan minat baca    yang tinggi.
2.Guru sebagai Dinamisator yang mengatur dan mengelola semua kegiatan membaca anak dengan mendinamiskan seluruh sumber bacaan yang ada.
3.Guru sebagai supervisor yang selalu mengawasi proses membaca anak baik dalam jarak dekat maupun jarak jauh agar anak merasa selalu ada yang mengawasi.
4.Guru bekerja sama dengan pengelola perpustakaan untuk membuat jadwal kunjungan ke perpustakaan,
5.Mengadakan lomba sinopsis, dengan membuat sinopsis sebenarnya siswa diajarkan untuk menuangkan gagasan ke dalam sebuah tulisan.
6.Mewajibkan semua siswa membudayakan membaca dan membuat slogan-slogan di kelas seperti “Tiada Hari Tanpa Membaca”, “ Gunakan waktu luang untuk membaca”, dan “ Buku adalah jendela ilmu pengetahuan”.
Selain peran serta guru dalam meningkatkan minat baca, orang tua pun berperan aktif membantu meningkatkan minat baca siswa diantaranya:
1. Terus mengikuti perkembangan membaca anak.
2. Lebih perhatian pada anak, apakah mereka dapat membaca dengan lancar atau tidak.
3. Memberi pertolongan secepatnya jika ada masalah dalam membaca.
4. Memakai cara yang bervariasi untuk membantu anak.
5. Memperlihatkan antusias yang tinggi saat anak membaca buku bacaannya.
Dengan adanya kerja sama antara guru, orang tua, dan aparat yang terkait serta membuat kegiatan yang rekreatif dan edukatifdiharapkan dapat membangun minat baca di kalangan siswa sekolah.





Yang perlu kita lakukan agar dapat menumbuhkan dan selanjutnya meningkatkan minat baca, yaitu:
Yakin bahwa gemar membaca merupakan hal yang terbaik untuk dapat bersaing di era global, Memiliki niat yang tulus untuk membaca,
Seringlah mendatangi perpustakaan setiap ada waktu luang,Menambah wawasan dengan menyisihkan uang lebih untuk membeli buku, minimal satu buku setiap bulannya,bukan membeli pulsa
Mulailah membaca sebuah buku dengan membaca daftar isinya terlebih dahulu
Catatlah setiap ada informasi penting dari buku yang Anda baca
Bersenang-senang dengan buku, dan Ceritakan atau sampaikan informasi yang telah Anda peroleh setelah membaca buku kepada teman Anda, begitu juga sebaliknya.
C. Manfaat Meningkatkan Minat Baca
Adapun manfaat dari membaca, yaitu :
Memperluas ilmu pengetahuan
Dengan membaca kita dapat menambah wawasan seluas mungkin dan kita dapat membuka gerbang ilmu pengetahuan melaui membaca.
Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
Dengan gemar membaca, pelajaran yang sulit akan dapat kita atasi sehingga prestasi belajar meningkat.
Dapat membantu program pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa
Memenuhi kepentingan hidup, dengan membaca siswa akan memperoleh pengetahuan praktis yang berguna dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Meningkatkan minat siswa terhadap suatu bidang.
Mengetahui hal-hal yang aktual, dengan membaca siswa dapat mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar maupun di seluruh dunia yang mungkin berhubungan materi pelajaran, sehingga siswa dapat menerapkan dengan kehidupan nyata.Selain itu, dengan membaca siswa dapat menambah informasi bagi diri sendiri, meningkatkan pengetahuan serta menambah ide. Jadi jelas pengaruh bacaan sangat besar terhadap peningkatan cara berfikir seorang siswa.



BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dijelaskan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tingginya minat baca sangat dibutuhkan oleh setiap orang, terutama bagi kalangan pelajar. Oleh karena itu dibutuhkan berbagai cara untuk meningkatkan minat baca di kalangan pelajar ini. Cara tersebut dapat dilakukan melalui lingkungan sekolah, maupun oleh pelajar itu sendiri. Hal terpenting yang harus dilakukan oleh pelajar adalah dengan menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya membaca. Karena hal ini akan dapat membawa manfaat yang sangat besar, terutama bagi pelajar itu sendiri.
3.2 Saran
Berdasarkan pembahasan tersebut, maka saran penulis adalah:
Marilah kita meningkatkan kesadaran diri untuk membaca. Karena membaca akan memberikan kita manfaat yang sangat besar.
Sebaiknya sekolah membuat program membaca bagi siswa. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong para siswa agar gemar membaca dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan.
Perlunya dorongan dari berbagai pihak untuk meningkatkan minat baca pelajar, terutama oleh pihak keluarga dan sekolah.









DAFTAR PUSTAKA

http://edukasi.kompasiana.com/2012/04/21/meningkatkan-minat-baca-di-kalangan-pelajar/
http://wwwvannesadomoniq.blogspot.com/2012/03/makalah-dengan-tema-meningkatkan-minat.html
http://ekookdamezs.blogspot.com/2010/04/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-minat.html
http://library.sman1teladan-yog.sch.id/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=57
http://achazon7.blogspot.com/2010/05/rendahnya-minat-baca-remaja-di.html
http://smansasurya.webs.com/apps/blog/show/2580881

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Mengkafani Jenazah.

Makalah Materi PAI"CInta,Akhlak dan Amal Sholeh"

MAKALAH PERENCANAAN EVALUASIPEMBELAJARAN