Makalah Materi PAI"CInta,Akhlak dan Amal Sholeh"

Image
MAKALAH MATERI PAI “Cinta,Akhlak,dan Amal Sholeh” Dosen Pengampu : Misnan, M.Pd Disusun Oleh : v Mutiara Fadhilah Nasution Prodi        : Manajemen Pendidikan Islam ( MPI ) Semester : IV ( Empat ) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUMATERA (STAIS) MEDAN KATA PENGANTAR Alhamdulilllah,Saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya, makalah ini dapat Saya selesaikan. Shalawat dan salam kepada nabi Muhammad SAW, pembimbing umat menuju cahaya kebenaran illahi. Adapun pembuatan makalah ini dimaksudkan untuk diajukan sebagai syarat   dalam diskusi kelompok pada mata kuliah MATERI PAI tentang Cinta,Akhlak,dan Amal Sholeh. Mengingat isinya sangat penting seba gai bahan pembelajaran agar ter capainya tujuan dalam menghadapi dan memecahkan masalah,baik masalah individu ataupun masalah kelompok. Mudah-mudahan makalah ini besar   manfaatnya bagi para pembaca dan khususnya bagi penulis menjadi amal yang sholeh yang bisa menghantarkan kesu

MAKALAH EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN "Dasar-Dasar Evaluasi Program Pendidikan”

MAKALAH EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN
"Dasar-Dasar Evaluasi Program Pendidikan”




Dosen Pengampu : Misnan M.Pd.I
Disusun Oleh :

Mutiara Fadhilah Nasution
Prodi          : Manajemen Pendidikan Islam ( MPI )
Semester    : VII( Tujuh )

SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM SUMATERA
(STAIS)
MEDAN




KATA PENGANTAR

Alhamdulilllah,Saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya, makalah ini dapat saya selesaikan. Shalawat dan salam kepada nabi Muhammad SAW, pembimbing umat menuju cahaya kebenaran illahi.
Adapun pembuatan makalah ini dimaksudkan untuk diajukan sebagai tugas pada mata kuliah EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN Pembahasan “Dasar-Dasar Evaluasi Program Pendidikan”
Mengingat isinya sangat penting sebagai bahan pembelajaran agar tercapainya tujuan dalam menghadapi dan memecahkan masalah,baik masalah individu ataupun masalah kelompok.
Mudah-mudahan makalah ini besar  manfaatnya bagi para pembaca dan khususnya bagi penulis menjadi amal yang sholeh yang bisa menghantarkan kesuksesan dalam belajar.











DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ............................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ii
BAB I   PENDAHULUAN
I.3. Latar Belakang.................................................................................................... 1
I.2. Rumusan Masalah............................................................................................... 1
I.1. Tujuan................................................................................................................. 1
BAB II  PEMBAHASAN
II.1 Pengertian Evaluasi dan Program…………..........…………..……................... 2
II.2 Tujuan dan Manfaat Evaluasi Program........................ ………………..................... 3
II.3 Hubungan kebijakan,program,dan kegiatan pendidikan............................................ 3
BAB III  PENUTUP
III.1. Kesimpulan...................................................................................................... 16
III.2 Saran………………………………………………………………………….. 15
DAFTAR PUSTAKA…………................................................................................ 17



BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Masalah
Masalah evaluasi dalam dunia pendidikan di negara kita, pada umumnya belum begitu di kenal benar-benar baik bentuk maupun pelaksanaannya. Masih banyak guru-guru yang belum begitu mengetahui apakah sebenarnya dan bagaimana seharusnya melakukan evaluasi itu dalam pendidikan.
Mengingat pentingnya hal ini dan mengingat pula bahwa evaluasi itu merupakan salah satu fungsi administrasi pendidikan yang tidak dapat diabaikan, maka dalam makalah ini akan dibicarakan mengenai evaluasi program dalam pendidikan.
Masalah yang sering di jumpai dalam sisitem pendidikan ialah kurangnya evaluasi yang efektif yang disebabkan oleh kurangnya informasi yang dapat diandalkan teentang hasil pendidikan, tentang praktek, dan programnya, kurangnya suatu sistem yang standar untuk memperoleh informasi tersebut dalam butir satu.Kesadaran akan hal tersebut merupakan salah satu langkah ke arah perbaikan, evaluasi dapat memberikan pendekatan yang lebih banyak lagi dalam memberikan informasi kepada pendidikan untuk membantu perbaikan dan pengembangan sistem pendidikan. Oleh sebeb itu, orang-orang yang berpengaruh dalam pendidikan, pakar-pakar pendidikan, dan para pemimpin menyokong dan menyetujui bahwa program pendidikan harus dievaluasi.

I.2 Rumusan Masalah
Apa Pengertian Evaluasi dan Program ?
Apa Tujuan dan Manfaat Evaluasi Program Pendidikan ?
Bagaimana Hubungan Kebijakan,Program dan Kegiatan Pendidikan ?

I.3 Tujuan Penulisan
Mengetahui Pengertian Evaluasi dan Program
Mengetahui Tujuan dan Manfaat Evaluasi Program Pendidikan.
Mengetahui Hubungan Kebijakan ,Program dan Kegiatan Pendidikan.

BAB II
PEMBAHASAN

II.1 Pengertian Evaluasi dan Program
Pengertian Evaluasi
Bloom (1971): Evaluasi adalah pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam pribadi siswa.Menurut Suchman: Bahwa memandang evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai bebarapa kagiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainaya tujuan..Pengertian evaluasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah suatu penilaian dimana penilaian itu ditujukan pada orang yang lebih tinggi atau yang lebih tahu kepada orang yang lebih rendah, baik itu dari jabatan strukturnya atau orang yang lebih rendah keahliannya.Jadi,evaluasi adalah suatu proses untuk menyediakan informasi tentang sejauh mana pencapaian suatu kegiatan, bagaimana perbedaan pencapaian itu dengan suatu standar tertentu untuk mengetahui apakah ada selisih di antara keduanya, serta bagaimana manfaat yang telah dikerjakan itu bila dibandingkan dengan harapan-harapan yang ingin diperoleh.
Pengertian Program
Program adalah suatu kegiatan yang direncanakan dengan seksama (Arikunto 2008: 291). Program adalah segala sesuatu yang dicoba lakukan seseorang dengan harapan akan mendatangkan hasil atau pengaruh (Tayibnasis 2000: 9).
evaluasi program merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan sengaja dan secara cermat untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan atau keberhasilan suatu program dengan cara mengetahui efektivitas masing-masing komponennya, baik terhadap program yang sedang berjalan maupun program yang telah berlalu.
evaluasi program pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.

II.2 Tujuan dan Manfaat Evaluasi Program Pendidikan
TUJUAN EVALUASI PROGRAM
Menurut Suharsimi Arikunto (2004 : 13) ada dua tujuan evaluasi yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum diarahkan kepada program secara keseluruhan sedangkan tujuan khusus lebih difokuskan pada masing-masing komponen. evaluasi program bertujuan untuk menyediakan data dan informasi serta rekomendasi bagi pengambil kebijakan (decision maker) untuk memutuskan apakah akan melanjutkan, memperbaiki atau menghentikan sebuah program.Menurut Stufflebeam yang membagi evaluasi kepada proactive evaluation, yakni melayani pemegang keputusan, sedangkan retroactive evaluation bertujuan untuk keperluan pertanggungjawaban.
Jadi, evaluasi hendaknya bertujuan dalam membantu pengembangan, implementasi, kebutuhan suatu program, perbaikan program, pertanggungjawaban, seleksi, motivasi, menambah pengetahuan dan dukungan dari stakeholders.Salah satu tujuan evaluasi adalah;
Untuk memperoleh dasar bagi pertimbangan akhir suatu periode kerja, apa yang telah dicapai, apa yang belum dicapai, dan apa yang perlu mendapat perhatian khusus.
Untuk menjamin cara kerja yang efektif dan efisien yang membawa organisasi pada penggunaan sumber daya yang dimiliki secara efesien dan ekonomis.
Untuk memperoleh fakta tentang kesulitan, hambatan, penyimpangan dilihat dari aspek-aspek tertentu.
Pentingnya evaluasi program antara lain memberi informasi yang dipakai sebagai dasar untuk membuat kebijaksanaan dan keputusan, menilai hasil yang dicapai para pelajar, menilai kurikulum, memberi kepercayaan kepada sekolah, memonitor dana yang telah diberikan, dan memperbaiki materi dan program pendidikan.
Bagi pelaksana program berguna untuk dasar penyusunan laporan sebagai kelengkapan pertanggung jawaban tugas.
Bagi lembaga atau badan yang membawahi pelakasana program mempunyai data yang akurat sebagai bahan pengambilan keputusan,khususnya untuk kepentingan supervisi.
Bagi evaluator luar dapat bertindak dengan obyektif karena berpijak pada data yang dikumpulkan dengan cara-cara sesuai dengan aturan tertentu.


Manfaat evaluasi program antara lain sebagai berikut:
1.Untuk mengumpulkan/memperoleh data tentang hasil-hasil yang telah dicapai pada akhir suatu periode pelaksanaan program.
2.Untuk mengetahui kesulitan atau hambatan yang dialami dalam pelaksanaan program.
3.Untuk memperoleh dasar bagi pembuatan atau pengambilan keputusan dalam penyusunan langkah-langkah \kebijakan yang akan ditempuh dalam periode berikutnya.
4.Untuk menghindari gangguan/hambatan, serta menjamin efektivitas dan efisiensi kerja pada periode berikutnya.
Chabib Toha secara sederhana tujuan dan manfaat evaluasi adalah sebagai berikut:
a) Bagi guru:
1)Untuk mengetahui kemajuan belajar siswa.
2)Untuk mengetahui kedudukan masing-masing individu peserta didik dalam kelompoknya.Untuk mengetahui kelemahan-kelemahan dalam cara belajar mengajar.
3) Untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan menentukan kelulusan peserta didik.
b) Bagi peserta didik:
1) Untuk mengetahui kemampuan dan hasil belajar.
2) Untuk memperbaiki cara belajar.
3) Untuk menumbuhkan motivasi belajar.

c) Bagi sekolah:
1)Untuk mengukur mutu hasil pendidikan.
2)Untuk mengetahui kemajuan dan kemunduran sekolah.
3)Untuk membuat keputusan pada peserta didik.
4)Untuk mengadakan perbaikan kurikulum.
d) Bagi orang tua peserta didik:
1)Untuk mengetahui hasil belajar anaknya.
2)Meningkatkan pengawasan dan bimbingan serta bantuan pada anaknya dalam usaha belajar.
3)Mengarahkan pemilihan jurusan/jenis sekolah pendidikan lanjutan bagi anaknya.




II.3 Hubungan Kebijakan,Program dan Kegiatan Pendidikan
Dalam organisasi pendidikan, evaluasi program dapat disamaartikan dengan kegiatan supervisi. Secara singkat, supervisi diartikan sebagai upaya mengadakan peninjauan untuk memberikan pembinaan maka evaluasi program adalah langkah awal dalam supervisi, yaitu mengumpulkan data yang tepat agar dapat dilanjutkan dengan pemberian pembinaan yang tepat pula.
Jika supervisi di lembaga pendidikan dilakukan dengan objek buku-buku dan pekerjaan clerical work maka evaluasi program dilakukan dengan objek lembaga pendidikan secara keseluruhan. Kebijakan supervisi yang berlangsung saat ini dapat dikatakan sama dengan evaluasi program, tetapi sasarannya ditekankan pada kegiatan pembelajaran.
Kegiatan evaluasi sangat berguna bagi pengambilan keputusan dan kebijakan lanjutan dari program, karena dari masukan hasil evaluasi program itulah para pengambil keputusan akan menentukan tidak lanjut dari program yang sedang atau telah dilaksanakan. Wujud dari basil evaluasi adalah sebuah rekomendasi dari evaluator untuk pengambil keputusan (decision maker). 
Ada empat kemungkinan kebijakan yang dapat dilakukan berdasarkan hasil dalam pelaksanaan sebuah program keputusan, yaitu
Menghentikan program, karena dipandang bahwa program tersebut tidak ada manfaatnya, atau tidak dapat terlaksana sebagaimana diharapkan.
Merevisi program, karena ada bagian-bagian yang kurang sesuai dengan harapan (terdapat kesalahan tetapi hanya sedikit).
Melanjutkan program, karena pelaksanaan program menunjukkan bahwa segala sesuatu sudah berjalan sesuai dengan harapan dan memberikan hasil yang bermanfaat.
Menyebarluaskan program (melaksanakan program di tempat-tempat lain atau mengulangi lagi program di lain waktu), karena program tersebut berhasil dengan balk maka sangat baik jika dilaksanakan lagi di tempat dan waktu yang lain.
Jadi,dapat disimpulkan bahwa hubungan kebijakan ,program dan kegiatan pendidikan ialah jika dalam kegiatan pendidikan haruslah punya program atau rencana telebih dahulu,nah setiap membuat program haruslah ada kebijakan dan keputusan,dalam pengambilan kebijakan dan keputusan untuk membuat program selanjutnya diperlukan lah evaluasi.


BAB III
PENUTUP

III.1 Kesimpulan
evaluasi adalah suatu proses untuk menyediakan informasi tentang sejauh mana pencapaian suatu kegiatan, bagaimana perbedaan pencapaian itu dengan suatu standar tertentu untuk mengetahui apakah ada selisih di antara keduanya, serta bagaimana manfaat yang telah dikerjakan itu bila dibandingkan dengan harapan-harapan yang ingin diperoleh.Program adalah suatu kegiatan yang direncanakan dengan seksama (Arikunto 2008: 291). Program adalah segala sesuatu yang dicoba lakukan seseorang dengan harapan akan mendatangkan hasil atau pengaruh (Tayibnasis 2000: 9).
evaluasi program merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan sengaja dan secara cermat untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan atau keberhasilan suatu program dengan cara mengetahui efektivitas masing-masing komponennya, baik terhadap program yang sedang berjalan maupun program yang telah berlalu.evaluasi program pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.
Menurut Suharsimi Arikunto (2004 : 13) ada dua tujuan evaluasi yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum diarahkan kepada program secara keseluruhan sedangkan tujuan khusus lebih difokuskan pada masing-masing komponen. evaluasi program bertujuan untuk menyediakan data dan informasi serta rekomendasi bagi pengambil kebijakan (decision maker) untuk memutuskan apakah akan melanjutkan, memperbaiki atau menghentikan sebuah program
Jadi,dapat disimpulkan bahwa hubungan kebijakan ,program dan kegiatan pendidikan ialah jika dalam kegiatan pendidikan haruslah punya program atau rencana telebih dahulu,nah setiap membuat program haruslah ada kebijakan dan keputusan,dalam pengambilan kebijakan dan keputusan untuk membuat program selanjutnya diperlukan lah evaluasi.
III.2 Saran
Demikian makalah ini kami susun dengan harapan semoga makalah ini Bermanfaat bagi penyusun khususnya dan bagi para pembaca umumnya. Apabila ada kekurangan dan kesalahan yang terdapat dalam makalah ini,  kami mohon kritik dan saran yang bersifat membangun dan memotivasi.


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, Prof. Dr , Cepi Safruddin Abdul Jabar , M.Pd. 2010. Evaluasi Program Pendidikan (cetakan keempat). Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik) (Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2010),
Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006).
Eka prihatin, manajemen peserta didik , (Bandung: ALFABETA, 2011),
http://seputar-evaluasi.blogspot.com/2015/01/pengertian-evaluasi-program.html?m=1 
https://www.zonareferensi.com/pengertian-evaluasi/ 
https://iyasphunkalfreth.blogspot.com/2012/02/evaluasi-program-pendidikan.html?m=1http://anan-nur.blogspot.com/2012/01/evaluasi-program-pendidikan-prof-dr.html?m=1.Diakses tgl .18 april 2014. Jam 20:58 wib.
http://kojingtechnolog.wordpress.com/2010/09/14/evaluasi-program-pendidikan/diakses tgl. 18 april 2014. Jam 21:05 wib
http://kholipspirit.blogspot.com/2015/06/evaluasi-program-pendidikan-by-nur.html?m=1 


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Mengkafani Jenazah.

Makalah Materi PAI"CInta,Akhlak dan Amal Sholeh"

MAKALAH PERENCANAAN EVALUASIPEMBELAJARAN