Makalah Materi PAI"CInta,Akhlak dan Amal Sholeh"

Image
MAKALAH MATERI PAI “Cinta,Akhlak,dan Amal Sholeh” Dosen Pengampu : Misnan, M.Pd Disusun Oleh : v Mutiara Fadhilah Nasution Prodi        : Manajemen Pendidikan Islam ( MPI ) Semester : IV ( Empat ) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUMATERA (STAIS) MEDAN KATA PENGANTAR Alhamdulilllah,Saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya, makalah ini dapat Saya selesaikan. Shalawat dan salam kepada nabi Muhammad SAW, pembimbing umat menuju cahaya kebenaran illahi. Adapun pembuatan makalah ini dimaksudkan untuk diajukan sebagai syarat   dalam diskusi kelompok pada mata kuliah MATERI PAI tentang Cinta,Akhlak,dan Amal Sholeh. Mengingat isinya sangat penting seba gai bahan pembelajaran agar ter capainya tujuan dalam menghadapi dan memecahkan masalah,baik masalah individu ataupun masalah kelompok. Mudah-mudahan makalah ini besar   manfaatnya bagi para pembaca dan khususnya bagi penulis menjadi amal yang sholeh yang bisa menghantarkan kesu

Jenis-jenis text

1.DESCRIPTIVE TEXT
Descriptive textmerupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang digunakan untuk menggambarkan suatu objek dalam bahasa inggris.
1. Identification: identifikasi terhadap objek tulisan. Apa yang akan dibicarakan dalam tulisan ini. Biasanya “Identification” ini agak membingungkan dengan “General Clssification” milik teks report. Idntifikasi dalam teks recount bersifat khusus tidak umum dan terikat dengan kondisi tertentu yang sudah disampaikan.2. Description: Penggambaran objek tulisan. Bagaiman rupa, bentuk, sifat,atau kegunaan dari objek tulisan digambarkan dengan gamblang.
Generic Structure Descriptive Text
*.Identification: Yaitu berisi penggambaran secara singkat mengenai objek yang akan kita amati
*.Description: Yaitu berisi deskripsi mengenai objek yang kita amati.
2.NARRATIVE TEXT
Narrative textmerupakan sebuah text yang berfungsi untuk menceritakan sebuah kisah di masa lampau dan bertujuan sebagai hiburan.
1. Orientation: orientasi adalah pengenalan. Pengenalan yang perlu disampaikan kepada pembaca oleh penulis tentang apa cerita selanjutnya. Orientation biasanya berisi 3 informasi utama yaitu pelakucerita, tempat terjadinya cerita dan waktu kapan cerita itu terjadi.2. Complication: diartikan lebih sederhana, complication adalah pertentangan, masalah, atau conflictyang dihadapi oleh para pelaku cerita. Dalam kajian literture, conflict ini biasanya dibedakan menjadi 3 macam pula yaitu, natural, social dan psychological conflict.3. Resolution: resolusi adalah cara mengakhiri sebuah cerita. Penulis memilih bagaimana para pelaku cerita tersebut menyelesaikan pertentangannya. Resolusi ada yanghappy ending ada pula yang sad ending.4. Coda: Ketika cerita itu berakhir, penulis perlu memberikan hikma atau pelajaran yang bisa diambil setelah membaca cerita narrative tersebut. Inilah yang sering disebut sebagai nilai moral cerita narative.
Generic Structure Narrative Text
*.Orientation: Yaitu berisi pegenalan cerita yang akan di angkat, pengenalan tempat dantokoh dalam cerita.
*.Complication :Yaitu berisi kisah yang terjadi pada cerita tersebut. biasanya juga ditandai dengan munculnya sebuah konflik dalam cerita.*.Resolution: Yaitu babak akhir pada cerita yang biasanya ditandai dengan selesainya sebuah konflik dalam cerita
*.Coda: Pada bagian ini terdapat kesimpulan dalam cerita.


3.REPORT TEXT
Merupakan sebuahtextdalam bahasa inggris yang berisi mengenai sebuah informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan. Informasi tersebut bisa tentang apa saja yang terjadi.
1. General Clasification: yang dimaksud dengan “Pengelompokan Umum” adalah cara penulis mengidentifikasi objek tulisannya secara umum. Apa yang sedang dibahas dalam tulisan tersebut tidaklah kasuistik, alias berlaku dimana saja asal masih dalam klasifikasi atau kelompok yang sedang dibahas itu.2. Description: Penggambaran dalamtulisan tentang objek yang sedang dibicarakan. Biasanya meliputi hal-hal yang membedakan dangan klisifikasi atau kelompok lainnya, misalnya habitat, sifat, fungsi dan lainnya.
Generic Structure Report Text
*.General Classification: Berisi klasifikasi secara umum mengenai sesuatu yang akan kita laporkan.
*.Description: Pada bagian ini penulis mulai mendeskripsikan apa yang sebenarnya terjadi.
4.RECOUNT TEXT
Recount textmerupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk menjelaskan cerita di masa lalu. Oleh sebab itu,recount text berbentuk past tense atau lampau.
1. Orientation: sama dengan orientasi pada teks narrative, penulisrecount dalam memulai paragraf juga perlu memperkenalkan participant (pelaku cerita), kemudiansetting of place, dan juga setting of time.2. Events: peristiwa apa saja yang dialami oleh pelaku cerita dalam teks recount. Berbagai peristiwa yang disampaikan biasanya diurut berdasarkan kronologi waktu terjadnya atau sifat pentinngya peristiwa tersebut.3. Reorientation: pernyataan akhir penulis tehadap pengalaman yang telah dilakukan. Biasany berupa kesan atau impression
Generic Structure Recount Text
*.Orientation: Yaitu berupa paragraf pembuka dari suatu text, biasanya berisi pengenalan terlebih dahulu.
*.Events: Yaitu mulai menceritakan peristiwa atau pengalaman apa yang sudah dialami.
*.Reorentation: Yaitu berisi kesimpulan terhadap sesuatu tersebut.
5.PROCEDURE TEXT
Procedure text merupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk menjelaskan cara atau tahap membuat sesuatu baik benda atau yang lainya.
1. Aim/Goal: Apa tujuan dari ditulisnya teks itu. Biasanya “Aim” dalam teks procedure sudah kelihatan pada judul tulisan2. Materials: Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan. Pada paragraf ini penulis teks procedure perlu memberikan daftar bahan dan peralatan agar tujuannya tercapai. Pada jenis teks procedure tententu, tahap ini bersifat optional, bisa ada atau tidak.3. Steps: langkah-langkah yang perludilakkukan dijelasakn secara rinci dan berurutan. Karena ini adalah procedure dan bersifat teknis, maka urutan langkah-langka tersebut sangat penting dan tidak boeleh tertukar. Makanya diawali dengan kata squence of time seperti first, second, third dan lainnya.
Generic Structure Procedure Text
*.Aim :disini penulis mulai memaparkan tujuan dari proses pembuatan sesuatu tersebut.
*.Materials: Yaitu berisi barang-barang atau benda apa yang akan digunakan untuk membuat.
*.Steps: Yaitu langkah dalam pembuatan nya.
6.ANNOUNCEMENT TEXt
Announcement merupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk memberikan informasi akan suatu hal kepada khalayak ramai.
Generic Structure Announcement Text
*.The Tittle: yaitu berisi tema atau judul mengenai informasi yang akan kita berikan.
*.Date, Time, Place: Berisi tanggal, waktu dan tempat dilaksanakanya event atau informasi mengenai sesuatu tersebut.
*.Contact Person; Yaitu berisi nomor telpon atau e-mail yang dapat di hubungi.


7. ADVERTISEMENT TEXT
Advertisementmerupakan sebuahtext dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk mempromosikan suatu produk iklan tertentu.Tidak ada aturan tertentu dalam pembuatan sebuah iklan, namun biasanya iklan yang bagus memenuhi persyaratan sebagai berikut :*.simple*.clear*.short*.persuasive*.Menggunakan slogan yang menarik.
8.REVIEW TEXTReview textmerupakan sebuahtextdalam bahasa inggris yang berfungsi untuk memberikan komentar atau evaluasi mengenai suatu produk tertentu.
1. Orientation: pengantar review, apayang dinilai, dan penilaian itu berdasarkan kondisi apa.2. Interpretive Recount. Ringkasan dan intepretasi penulis tehadap karya yang sedang direview. Sebenarnya bersifat optional, boleh ada atau dihilangakan.3. Evaluation: evaluasi yang diberikan oleh penulis tehadap karyayang sedang dibahas.4.Evaluative Summation: opini penulis setelah diadakan penilaian, karya itu layak atau tidak untuk diberikan kepada pembaca lainnya.
Generic Structure Review Text
*.Orientation: yaitu berisi pengenalan mengenai sesuatu yang akan kita review tersebut.
*.Interpretation: Yaitu berisi interprestasi atau penilaian terhadap produk yang akan kitareview.
*.Evaluation: yaitu berisi evaluasi dan komentar terhadap sesuatu hal.
9.EXPLANATION TEXT
Explanation textmerupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk menjelaskanterjadinya suatu hal secara jelas dan lengkap.
1. General statement: pernyataan umum tentang apa yang sedang diperjelaskan dalam tulisan. Biasanyberupa gejala alam dan sosial2. Sequenced explanation: penjelasan kenapa dan bagaimana gejala alam atau sosial tersebut sampai bisa terjadi. Penjelasan ini bersifat objektif dan tidak dimaksudkan untuk menilai baik ataupun buruk.
Generic Structure ExplanationText
*.Tittle :yaitu berisi judul atau tema yang akan kita jelaskan.
*.Definition: yaitu berisi definisi terhadap text tersebut.*.Description: yaitu berisi deskripsi terhadap sesuatu hal tersebut*.Process :yaitu berisi penjelasan mengenai proses yang terjadi.
*.Application: yaitu berisi pengaplikasian nya atau penerapanya.
10.ANECDOTE TEXT
Anecdote merupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk menceritakan hal-hal ganjil yang terjadi pada masa lampau.Anecdoteberfungsiuntuk memberikan hiburan kepadapembacanya.
1. Abstract: ringkasan cerita biasanya berupa kejadian-kejadian yang tidak lumrah atau ganjil dalam cerita yan akan disampaikan.2. Orienation: seperti pada Narrative dan Recount, orientasi pad Anecdote text juga memberikan informasi awal tentng siapa, dimana dan kapan.3. Crisis: inti dari kejadian yang tidak lumrah yang dialami pelaku cerita diperjelas agar pembaca merasa tertarik untuk terus membaca.4. Reaction: reaksi apa yang diambil oleh pelaku cerita tehadap krisis yang sedang dihadapi.5. Coda: sama halnya dengan cerita narrative bahwa, anecdote text juga perlu menyajikan pesan atau pelajaran yang perlu diambil ketika sudah menyelesaikan krisis yang sedang dihadapi cuman disampaikan dalam cerita.
Generic Structure Anecdote Text
*.Abstract: yaitu awal cerita terjadinya suatu peristiwa
*.Orientation: Yaitu penulis mulai memperkenalkan setting atau latar terjadinya suatu peristiwa.
*.Crisis: yaitu berisi keganjalan yang terjadi pada cerita tersebut.
*.Reaction: disini penulis mulai mengakhiri keganjilan yang terjadi.
*.Coda :berisi kesimpulan atau amanat dalam cerita.
11.SPOOF TEXT
Spoof textmerupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk menjelaskan peristiwa atau kejadian lucu pada masa lampau.
1. Orientation: pengenalan tokoh certia , tempat dan informasi waktu kejadian, seperti halnya pada narrative text.2. Events: berbagai peristiwa yang dialami oleh tokoh cerita seperti halnya dalam recount text dijelasaknberurutan berdasakan waktu dan sifat pentingnya peristiwa tersebut.3. Twist: hal tak terduga yang terjadi di akhir cerita sehingga terkesan menjadi cerita lucu.
Generic Structure Spoof Text
*.Orientation: yaitu berisi pengenalan terhadap cerita tersebut*.Event: yaitu penjabaran akan cerita yang akan diceritakan
*.Twist: yaitu ending atau akhir dari cerita tersebut.
12.NEWS ITEM TEXT
News item merupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk menyajikan sebuah berita. Tujuan nya yaitu untuk memberikan informasi yang terjadi.
1. Newsworthy event: Berita inti berupa kejadian utama yang menjadibahan tulisan. Sederhananya ada peristiwa apa, dimana, dan kapan terjadinya.2. Backround events: rentetan peristiwa lain yang melatarbelakangiperistiwa utama terjadi. Peristiwa lain yang membrikan pengaruh sehingga peristiwa utama terjadi.3. Sources: penyataan sumber berita. Bisa berupa komentar pelaku, saksi, dan juga pihak yang dianggap berwenang
Generic Structure News Item
*.Main event: yaitu berisi berita utama mengenai suatu hal yang terjadi.
*.Background: yaitu berisi dari mana peristiwa tersebut terjadi
*.Source: yaitu sumber dari mana berita tersebut berasal.
13.DISCUSSION TEXT
Discussion text merupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang berfungsi untuk memaparkansuatu diskusi atau perdebatan akan suatu tema atau masalah yang terjadi.
1. Issue: Menerangkan adanya isu yang sedang diperdebatakan. Biasanya hal-hal yang gampang sekali menimbulkan pro dan kontra, pendapat setuju dan sebaliknya.2. Arguments for and against: pernyataan yang mendukung issu dan juga pernytaan yang tidak mendukung. Dua alat bukti ini perlu disampaika secara berimbang untuk bisa mengambil keutusan.3. Conclusion: kesimpulan yang diambil oleh penulis ketika sudah memberikan 2 hal yang berseberangan.
Generic Structure Discussion Text
*.Issue: yaitu mengangkat tentang isu yang terjadi saat ini
*.Arguments: yaitu berisi alasan-alasan mengenai tema yang di bahas.
*.Elaboration: yaitu mengungkapkan pendapat mana yang akan dipilih
*.Conclusion: yaitu berisi kesimpulan terhadap tema yag sedang diangkat.
Analitycal expositions
1. Thesis: peragraf yang berisi pernyataan penulis terhadap hal yang sedang dibicarakan.2. Arguments: argumentasi yang mendukung posisi penulis sebagaimana telah dinyatakn dalam thesis pada pargraf sebelumnya.3. Reiteration: pernyataan kembali penulis tehadap posisinya dihadapan hal yang sedang dibicarakan. Kadang sifatnya hanya kesimpulan dan tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi.
Generic Structure Hortatory Exposition Text1. Thesis: seperti pada analytical exposition, penulis perlu menytakan dan mengumumkan akan adanya haldan perlu untuk disikapi2. Arguments: argumentasi kenapa penulis perlu bersikap sepeti dalam thesi diatas. Alasan-alasan yang mendukung thesisnya perlu diperkuat dan bila perlu diuji dan dibuktikan supaya logis dan masuk akal.3. Recommendation: rekomendasi atau ajakan penulis teks akan kebenaran thesis yang sudah dibuktikannya.
Analytical Exposition adalah sebuah text dalam bahasa inggris yang menjelaskan ide dari penulis tentang fenomena yang sedang hangat atau layak untuk diperbincangkan. dan Analytical Exposition sendiri mempunyai tujuan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar bahwa sesuatu memang seperti itu, dan layak mendapat perhatian. Text analytical Exposition sendiri hampir mirip dengan text Hortatory Exposition yang sama sama mengemukakan pendapat.Generic Structure atau bagian bagian dari Analytical Exposition.1.ThesisPada bagian ini dipaparkan sebuah topic dan penulis menunjukkan pendapatnya dan memberikan outline argumentasi untuk disadurkan.2.ArgumentsTerdiri darimasing masing pendapat yang dijelaskan untuk mendukung argumetasi atau pendapat dari penulsis3. Conclusion / ReiterationIni bukan merupakan saran seperti pada text Hortatory Exposition akan tetapi melainkan sebuah pendapat yang memperkuat pendapat awal dari penulis.Language Features / susunan Bahasa pada Analytical Exposition• Focus on generic human and non human participants.• Use mental processes. It is used to state what the writer or speaker thinks or feels about something, for example: realize, feel, etc.• Need material processes. It is used to state what happens, for example: has polluted, etc.• Use of simple present tense.• Use of relational processes.• Use of internal conjunction to state argument.• Reasoning through casual conjunction or nominalization.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Mengkafani Jenazah.

Makalah Materi PAI"CInta,Akhlak dan Amal Sholeh"

MAKALAH PERENCANAAN EVALUASIPEMBELAJARAN