Makalah Materi PAI"CInta,Akhlak dan Amal Sholeh"

Image
MAKALAH MATERI PAI “Cinta,Akhlak,dan Amal Sholeh” Dosen Pengampu : Misnan, M.Pd Disusun Oleh : v Mutiara Fadhilah Nasution Prodi        : Manajemen Pendidikan Islam ( MPI ) Semester : IV ( Empat ) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUMATERA (STAIS) MEDAN KATA PENGANTAR Alhamdulilllah,Saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya, makalah ini dapat Saya selesaikan. Shalawat dan salam kepada nabi Muhammad SAW, pembimbing umat menuju cahaya kebenaran illahi. Adapun pembuatan makalah ini dimaksudkan untuk diajukan sebagai syarat   dalam diskusi kelompok pada mata kuliah MATERI PAI tentang Cinta,Akhlak,dan Amal Sholeh. Mengingat isinya sangat penting seba gai bahan pembelajaran agar ter capainya tujuan dalam menghadapi dan memecahkan masalah,baik masalah individu ataupun masalah kelompok. Mudah-mudahan makalah ini besar   manfaatnya bagi para pembaca dan khususnya bagi penulis menjadi amal yang sholeh yang bisa menghantarkan kesu

Pengertian,ruang lingkup,tujuan dan urgensi filsafat pendidikan islam

BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Filsafat dibutuhkan manusia dalam upaya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam berbagai lapangan kehidupan. Jawaban itu merupakan hasil pemikiran yang sistematis, integral, menyeluruh, dan mendasar. Jawaban seperti itu digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk pendidikan.
Filsafat dapat dikatakan sebagai usaha untuk memahami atau mengerti semesta dalam hal makna (hakikat) dan nilai-nilainya (esensi) yang tidak cukup dijangkau hanya dengan panca indera manusia sekalipun. Bidang filsafat sangatlah luas dan mencakup secara keseluruhan sejauh dapat dijangkau oleh pikiran. Filsafat berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang asal mula dan sifat dasar alam semesta tempat manusia hidup serta apa yang merupakan tujuan hidupnya.
I.2. Rumusan Masalah:
1.  Apa pengertian filsafat pendidikan islam ?
2.  Apa ruang lingkup filsafat pendidikan islam ?
3.  Apa tujuan filsafat pendidikan islam ?
4.  Apa urgensi filsafat pendidikan islam ?
I.3. Tujuan Penulisan
1.  Memahami pengertian dari filsafat pendidikan islam.
2. Memahami ruang lingkup filsafat pendidikan islam.
3. Memahami tujuan filsafat pendidikan islam.
4. Memahami urgensi filsafat pendidikan islam.
5. Memenuhi tugas filsafat pendidikan islam.
BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Filsafat Pendidikan Islam
Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu dari kata philos dan shopia. Philos artinya cinta yang sangat mendalam, dan shopia artinya kearifan atau kebijakan. Jadi, arti filsaafat secara harfiah adalah cinta yang sangat mendalam terhadap kearifan atau kebijakan. Istilah filsafat sering dipergunakan secara popular dalam kehidupan sehari-hari, baik secara sadar maupun tidak sadar. Dalam penggunaan secara popular, filsafat dapat diartikan sebagai suatu pendirian hidup (individu), dan dapat juga disebut pandangan hidup (masyarakat).
Makna pendidikan dapat dilihat dalam pengertian secara khusus dan pengertian secara luas. Dalam arti khusus, Langeveld mengemukakan bahwa pendidikan adalah bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai kedewasaanya. Dalam arti luas, pendidikan merupakan usaha manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya, yang berlangsung sepanjang hayat. Dalam GBHN 1973 dikemukakan pengertian pendidikan bahwa, pendidikan pada hakekatnya merupakan suatu usaha yang disadari untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia, yang dilaksanakan didalam maupun diluar sekolah, dan berlangsung seumur hidup.
Filsafat pendidikan menurut Al-Syaibany adalah pelaksanaan pandangan falsafah dan kaidah falsafah dalam bidang pendidikan.Filsafat pendidikan berusaha juga membahas tentang segala yang mungkin mengarahkan proses pendidikan.
Pendidikan islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.
Dengan terungkapnya beberapa definisi tentang pendidikan Islam dan pendidikan itu sendiri maka dapatlah kiranya menunjukkan kepada sebuah pengertian tentang Filsafat Pendidikan Islam, yaitu seperti yang dinyatakan oleh Abdul Munir Mulkhan, bahwa Filsafat Pendidikan Islam adalah usaha mencari asas-asas fundamental pendidikan Islam.
Filsafat Pendidikan Islam juga bisa diartikan sebagai studi tentang pandangan filosofis dari sistem dan aliran filsafat dalam Islam terhadap masalah-masalah kependidikan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia Muslim dan umat Islam. Di samping itu, Filsafat Pendidikan Islam juga merupakan studi tentang penggunaan dan penerapan metode dan sistem filsafat Islam dalam memecahkan problematika pendidikan umat Islam, dan selanjutnya memberikan arah dan tujuan yang jelas terhadap pelaksanaan pendidikan umat Islam.
Dari beberapa definisi di atas dapat pemakalah simpulkan bahwasannya Filsafat Pendidikan Islam adalah usaha untuk membimbing manusia secara mendalam, baik itu jasmani maupun rohani berdasarkan agama Islam supaya terbentuk pribadi yang utama sesuai dengan ajaran Islam. Filsafat pendidikan Islam adalah berpikir secara sistematis, radikal, dan universal tentang masalah-masalah pendidikan Islam berdasarkan kerangka islami.Filsafat pendidikan Islam dapat diartikan sebagai studi tentang pandangan filosofis dari sistem dan aliran filsafat dalam Islam terhadap masalah-masalah kependidikan dan bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia Muslim dan Umat Islam.


II.2. Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam
Ruang lingkup filsafat pendidikan Islam adalah pembahasan yang radikal tentang masalah prinsip atau yang mendasar dari pendidikan Islam yaitu:
a.  Hakikat para pendidik dan anak didik.
b.  Hakikat materi pendidikan dan metode penyampaian materi.
c. Hakikat tujuan pendidikan dan alat-alat pendidikan yang dipergunakan untuk mencapai tujuan.
d.  Hakikat model-model pendidikan.
e.  Hakikat lembaga formal dan nonformal dalam pendidikan.
f.  Hakikat sistem pendidikan.
g. Hakikat evaluasi pendidikan.
h. Hakikat hasil-hasil pendidikan.
Dari penjelasan di atas dapat ditarik pemahaman bahwa ruang lingkup filsafat pendidikan Islam berkaitan dengan pendekatan yang diterapkan adalah sebagai berikut:
a.Ontologi ilmu pendidikan, yang membahas hakikat substansi dan pola organisasi ilmu pendidikan Islam.
b.Epistemologi ilmu pendidikan, yang membahas hakikat objek formal dan materi ilmu pendidikan Islam.
c.Metodologi ilmu pendidikan, yang membahas hakikat cara-cara kerja dalam menyusun ilmu pendidikan Islam.
d.Aksiologi ilmu pendidikan, yang membahas hakikat nilai kegunaan teoritis dan praktis ilmu pendidikan Islam.
II.3. Tujuan Filsafat Pendidikan Islam
Senada dengan Made Pidarta, J.M. Daniel (1986:26) mengatakan bahwa filsafat memiliki tujuan-tujuan sebagai berikut:
1. Inspirasional, yaitu tujuan filsafat pendidikan yang menyatakan cita-cita utopia bagi
pendidikan manusia, baik pendidikan formal maupun informal;
2. Analitik, yaitu menemukan dan menafsirkan makna dalam percakapan/bahasa dan
praktek pendidikan;
3. Preskriptif, yaitu tujuan filsafat pendidikan memberikan panduan yang jelas dan tepat
bagi praktik pendidikan;
4. Investigasi, yaitu tujuan filsafat pendidikan menyelidiki kebijakan dan praktek pendidkan yang diadopsi.
II.4. Urgensi Filsafat Pendidikan Islam
Urgensi filsafat pendidikan Islam adalah harus mampu menjawab segala permasalahan dalam bidang pendidikan, baik yang berkaitan dengan system cara pengajarannya dan lain sebagainya, sebagaimana disebutkan oleh Omar Mohammad al-Taumy al-Syaibany, bahwa filsafat pendidikan Islam harus mampu memberikan kemanfaatan bagi khasanah pendidikan Islam berupa:
a.Membantu para perancang dan pelaksana pendidikan dalam membentuk pemikiran yang benar terhadap proses pendidikan.
b.Memberi dasar bagi pengkajian pendidikan secara umum dan khusus.
c.Menjadi dasar penilaian pendidikan secara menyeluruh.
d.Memberi sandaran intelektual, bimbingan bagi pelaksana pendidikan untuk menghadapi tantangan yang muncul dalam bidang pendidikan, sebagai jawaban dari setiap permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan.
e.Memberikan pendalaman pemikiran tentang pendidikan dan hubungannya dengan faktor-faktor spiritual, kebudayaan, sosial, ekonomi, politik dan berbagai kehidupan lainnya.
Senada dengan pendapat di atas, Zuhairini juga menyampaikan dan mengklasifikasikan tentang beberapa faktor yang menjadi peran dan tanggung jawab filsafat pendidikan Islam dalam memberikan solusi kepada permasalahan pada dunia pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Islam memberikan alternatif-alternatif pemecahan terhadap problem-problem yang dihadapi oleh pendidikan Islam, antara lain:
a. Filsafat pendidikan Islam menunjukkan problem yang dihadapi oleh pendidikan Islam, sebagai hasil dari pikiran yang mendalam dan berusaha untuk memahami duduk masalahnya. Dengan analisa filsafat maka filsafat pendidikan Islam bisa menunjukkan alternatif-alternatif pemecahannya.
b. Filsafat pendidikan Islam memberikan pandangan tertentu tentang manusia. Pandangan tentang hakikat manusia tersebut berkaitan dengan tujuan hidup manusia dan sekaligus juga merupakan tujuan pendidikan menurut Islam. Sehingga filsafat pendidikan Islam berperan menjabarkan tujuan umum pendidikan Islam dalam bentuk tujuan khusus yang operasional. Dan tujuan yang operasional ini berperan untuk mengarahkan secara nyata gerak dan aktivitas pelaksanaan pendidikaan.
c. Filsafat pendidikan Islam dengan analisanya terhadap hakikat hidup dan kehidupan manusia, berkesimpulan bahwa manusia mempunyai potensi pembawaan yang harus ditumbuhkan dan diperkembangkan. Filsafat pendidikan Islam menunjukkan bahwa potensi pembawaan manusia tidak lain adalah sifat-sifat Tuhan, atau al asma al-husna, dan dalam mengembangkan sifat-sifat Tuhan tersebut dalam kehidupan kongret, tidak boleh mengarah pada menodai dan merendahkan nama dan sifat Tuhan tersebut. Hal ini akan memberikan petunjuk pembinaan kurikulum yang sesuai dan pengaturan lingkungan yang diperlukan.
d. Filsafat pendidikan Islam, dalam analisanya terhadap masalah-masalah pendidikan Islam masa kini yang dihadapinya, akan dapat memberikan informasi apakah proses pendidikan Islam yang berjalan selama ini mampu mencapai tujuan pendidikan Islam yang ideal atau tidak. Dapat merumuskan di mana letak kelemahannya dan dengan demikian bisa memberikan alternatif-alternatif perbaikan pengembangannya.
BAB III
PENUTUP

III.1. Kesimpulan
1.Filsafat pendidikan islam adalah usaha untuk membimbing manusia secara mendalam, baik itu jasmani maupun rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam supaya terbentuk pribadi yang utama sesuai dengan ajaran Islam.
2.Ruang lingkup filsafat pendidikan islam berkaitan dengan pendekatan yang diterapkan adalah sebagai berikut:
a.Ontologi ilmu pendidikan, yang membahas hakikat substansi dan pola organisasi ilmu pendidikan Islam.
b.Epistemologi ilmu pendidikan, yang membahas hakikat objek formal dan materi ilmu pendidikan Islam.
c.Metodologi ilmu pendidikan, yang membahas hakikat cara-cara kerja dalam menyusun ilmu pendidikan Islam.
d.Aksiologi ilmu pendidikan, yang membahas hakikat nilai kegunaan teoritis dan praktis ilmu pendidikan Islam.
3.Tujuan filsafat pendidikan islam
4.urgensinya: Membantu para perancang dan pelaksana pendidikan dalam membentuk pemikiran yang benar terhadap proses pendidikan.
III.2. Saran
Makalah ini tidak luput dari kesalahan jadi apabila terdapat kesalahan kami minta sarannya dari pembaca. Terimakasi atas partisispasi pembaca dan mohon maaf atas kesalahan kami dalam membuat makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA

Aziz, Abd., Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2009
Basri, Hasan, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009
Mulkhan, Abdul Munir, Paradigma Intelektual Muslim; Pengantar Filosofis Pendidikan islam        dan Dakwah, Yogyakarta: Sipres, 1993
Nur Uhbiyati, Abu Ahmadi, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 1997
Sadulloh, Uyoh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2014
A.HERIS HERMAWAN,FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM(jakarta:2009).
https://www.kompasiana.com/boedis2/makalahfilsafat-pendidikan-islam-pengertian-ruang-lingkup-kegunaan-dan-metode-pengembangan-filsafat_550eee8aa33311a12dba82e9
http://garasikeabadian.blogspot.co.id/2013/03/tujuan-filsafat-pendidikan-islam.html?m=1
https://nurwahidabdulloh.wordpress.com/pengetahuan/filsafat/filsafat-pendidikan-islam/
https://nurainihidayah.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-dan-ruang-lingkup-filsafat.html?m=1
http://ahbirrulwalidain.blogspot.co.id/2015/11/makalah-ilmu-pendidikan-islam.html?m=1

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Mengkafani Jenazah.

Makalah Materi PAI"CInta,Akhlak dan Amal Sholeh"

MAKALAH PERENCANAAN EVALUASIPEMBELAJARAN